Asal Usul Kota Pekanbaru

Tinggal selama kurang lebih 3 tahun 4 bulan, membuatku penasaran tentang kota Pekanbaru ini. bagaimana asal usul kota Pekanbaru ini ? Ternyata nama Pekanbaru pertama kali di pakai di kompleks Masjid Raya Nur Alam, Jalan Senapelan, Kelurahan Kampung bandar Kecamatan Senapelan. Awalnya, pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamayah (1766-1779), komplek kerajaan ini mengalami kemajuan yang pesat.

Sebagai pusat pemerintahan, dibangunlah sarana pendukung ekonomi berupa pasar. Sebetulnya pada masa itu, pasar sudah ada sebelumnya di komplek itu. Istilah pasar padu.a masa itu disebut “Pekan”. Bangunan pasar baru pada masa itu dinamakan “Pekan Baharoe”.
Namun dalam perkembangannya, pasar ini berkembang dan menjadi pusat kerajaan. Lambat laun “Pekan Baharoe” (yang dalam pengucapannya menjadi Pekanbaru) lebih populer dibandingkan Senapelan yang merupakan nama resmi negeri tersebut pada masa itu.
Akhirnya pada tanggal 23 Juni 1784, berdasarkan musyawarah datuk-datuk empat suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah datar dan Kampar), Senapelan resmi diganti namanya menjadi “Pekan Baharoe”. Tanggal inilah dikenal sebagai Hari Lahir Kota Pekanbaru.

Sumber : Tribun Pekanbaru (17/01/10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: