Investasi Waktu (1)

Time is money begitu pepatah yang sering kita dengar yang menunjukkan begitu berharganya sang waktu. Dan pepatah ini membuat kita berorientasi pada materi. Segalanya diukur berdasarkan uang.

Semalam, sebuah buku karya Awie Wang menggugah dan menyadarkan saya tentang konsep waktu… Sebagai pendahuluan. konsep investasi waktu, saya sarikan dalam buku tersebut :

“Setiap orang di dunia ini mempunyai waktu yang sama yaitu sehari 24 jam, tetapi terlalu banyak yang harus dilakukan sehingga memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk menggunakan waktu 24 jam sehari yang diberikan kepada kita semua secara efektif…

Waktu sangatlah penting bagi setiap orang didunia ini yang sedang menyiapkan masa depannya, untuk mewujudkan impiannya ataupun mencapai visi yang diinginkannya. Segala sesuatu yang kita lakukan sekarang akan menentukan bagaimana kita nantinya. Dengan kata lain setiap keadaaan atau setiap kondisi tidak terjadi secara sengaja, tetapi berkaitan dengan situasi kondisi atau keadaan kita yang sebelumnya. Kondisi kita yang buruk sekarang, ada kaitannya dengan situasi kondisi atau keadaan kita sebelumnya. Kondisi kita yang baik juga ada kaitannya dengan persiapan yang kita buat masa lalu, seperti kata pepatah : ‘ Apa yang Anda tabur, itulah yang anda tuai’.

Waktu kecil, kita menginvestasikan waktu untuk belajar, walaupun terkadang kita merasa bosan untuk belajar, tetapi hasilnya adalah sekarang kita dapat menghitung dan membaca. Hasil yang kita dapatkan bersifat kekal, akan terbawa sampai waktu  kita berhenti.

Cobalah kita renungkan, apa yang membedakan antara orang itu bisa lebih sukses bahkan lebih “kaya” dibandingkan kita tidak, padahal waktu yang diberikan sama yaitu 24 jam sehari ? Ada satu penyebab, yaitu investasi waktu.

Orang-orang sukses menginvestasikan waktunya untuk menciptakan sebuah karya dalam hidup mereka, yang bukan hanya berguna bagi diri mereka sendiri, tetapi juga untuk orang lain bahkan untuk generasi mendatang.

Oleh sebab itu, investasikanlah waktu untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat yang bertujuan untuk mencapai impian yang kita inginkan di masa depan.”

Sumber : buku Rahasia Sang Waktu oleh  Awie Wang

One Response

  1. […] mereka dengan orang yang belum sukses. Padahal mereka mempunyai modal yang sama yaitu waktu (lihat investasi waktu (1)) dan peluang. Orang-orang sukses adalah mereka mampu menginvestasikan waktunya untuk menemukan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: